Berekreasi di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Taman wisata yang berlokasi di bagian selatan pulau Bali tersebut merupakan sebuah Taman wisata yang terletak di tanjung Nusa DuaKabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasaribu kota provinsi Bali. Rencananya, di Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana tersebut akan dibangun maskot atau landmark dari Bali kedepannya, yakni sebuah patung berukuran raksasa dari Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya yaitu Garuda yang memiliki ukuran setinggi 120 meter.Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Di kawasan tersebut juga dapat dilihat Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Patung Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda tersebut ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda menjadikan ruangan terlihat sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang sangat memadai dengan mampu  menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond pun yang menyadang reputasi baik di kalangan wisatawan kerap dijadikan sebagai venue diselenggarakannya event event besar .

Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu. Ini merupakan salah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap. Karya ini ditempatkan sementara di daerah Tirta Agung.

Ada beberapa tempat rekreasi yang dapat anda kunjungi saat berada di Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, diantaranya adalah :

  • Wisnu Plaza 

gwk4

Wisnu Plaza merupakan dataran tertinggi di daerah GWK dimana tempat kita sementara merupakan bagian paling penting dari patung Garuda Wisnu Kencana.

Pada waktu tertentu , akan ada beberapa kinerja tradisional Bali dengan megah patung Wisnu sebagai latar belakang. Karena lokasinya yang berada di daratan yang cukup tinggi,memudahkan anda untuk menikmati panorama sekitar. Patung Wisnu merupkan titik pusat dari Wisnu Plaza, Patung Wisnu tersebut dikelilingi oleh air mancur dan air sumur di dekatnya yang konon katanya, merupakan air yang suci yang katanya tidak pernah kering bahkan pada musim kemarau sekalipun.

Parahyangan Somaka Giri ditempatkan di sebelah patung Wisnu. Ini merupakan tempat dmana air berada, yang secara historis telah dipercaya oleh rakyat di daerah setempat sebagai berkat dengan kekuatan magis yang kuat untuk menyembuhkan penyakitnya dan meminta para dewa agar turun hujan selama musim kemarau. Karena lokasinya di tanah tinggi (di atas bukit), fenomena alam ini dianggap orang suci dan local penduduk setempat meyakini itu menjadi air suci.

  • Street Theater

gwk3.jpg

Street Theater merupakan titik awal dan akhir jika anda berkunjungan ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana. Disini akan dengan mudah ditemukan toko atau restoran di dalam satu tempat dimana digelarnya semua perayaan. Anda bisa mendapatkan souvenir Bali dan merchandise GWK khususnya di GWK Souvenir Shop dan Bali Art Market.

  • Lotus Pond

lotus-pond-taman-budaya-garuda-wisnu-kencana-bali-indonesia.jpg

Lotus Pond merupakan area outdoor terbesar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Taman Budaya, kemungkinan besar, di Bali. Dengan demikian,Lotus Pond ini kerap menghelat event yang memiliki venue outdoor karena tempatnya yang sangat strategis untuk menghelat event event besar yang mencari venue outdoor.

GWK telah dipercaya untuk menghandle event dengan skala besar selama bertahun tahun diadakannya, baik nasional maupun internasional, Acara yang biasanya diselenggarakan di Lotus Pond biasanya seperti pertunjukukan music ,pertemuan internasional dan partai besar.  dengan pilar batu kapur di sisi dan patung megah Garuda di latar belakang menjadikan Lotus Pond ini menjadi spot yang unik dikunjungi.

Lotus Pond berawal dari teratai. Yang merupakan simbol utama keindahan, kemakmuran, dan kesuburan. Wisnu juga selalu membawa bunga teratai di tangannya dan hampir semua dewa dari dewa Hindu yang duduk di teratai atau membawa bunga.

fakta menariknya adalah bahwa tanaman teratai tumbuh di air, memiliki akar dalam ilus atau lumpur, yang menyebarkan bunga di udara di atas. Dengan demikian, teratai melambangkan kehidupan manusia dan juga bahwa kosmos.

Akar teratai tenggelam dalam lumpur merupakan kehidupan material. Tangkai melewatkan melalui air melambangkan eksistensi di dunia astral. Bunga mengambang di atas air dan membuka ke langit adalah emblematical spiritual sedang.

  • Indraloka Garden

5306160854_203b5bbc80

Taman yang memiliki pandang  panorama yang sangat indah ini dijuluki Indraloka Garden atau setelah surga Dewa Indra . Indraloka Garden merupakan spot favorite untuk mengadakan pesta kecil menengah, pengumpulan dan upacara pernikahan. Bali akan sangat terlihat jelas bila dilihat dari Indraloka Graden ini.

  • Amphitheatre

Amphitheater.jpg

tempat yang berada di luar ruangan yang berfungsi sebagai sarana pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik. Setiap sore Anda bisa menonton tari Kecak yang terkenal dan gratis yaitu sekitar pukul 18.30 s/d 19.30 WITA. Bahkan Tari Kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

  • Tirta Agung

tirtaagung(4).jpg

Ruang luar yang sangat strategis digunakan sebagai spot digelarnya acara menegah,dari Tirta Agung ini anda juga dapat mengunjungi tangan Dewa Wisnu yang berada dekat dengan Tirta Agung tersebut.

Advertisements
Berekreasi di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s