Kue Putu, Bukan Kue Punya Putu

Kue…kue…. Kue…kue… Begitulah biasanya penjual kue tradisional keliling menjajakan kue buatannya. Di Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan berbagai macam kue tradisional yang memang sering dijual di pasar maupun dijajakan keliling. Jika kita datang ke daerah pedesaan akan banyak ditemukan penjual kue tradisional di pinggir jalan yang menunggu pelanggan datang untuk membeli kuenya.

Kue-Putu

Putu kue putu

Jika anda berlibur di Indonesia dan ingin mencoba kue-kue khas nusantara, anda dapat pergi kemana saja anda mau karena Indonesia memiliki banyak sekali kue tradisional yang akan membantu menyempurnakan wisata kuliner anda. Beberapa kue tradisional yang ada di Indonesia adalah, kue pulung ubi, kue getuk, kue apem, kue lupis, kue pisang rai, kue putu, kue clorot dan masih banyak lagi yang tidak akan cukup hanya disebutkan saja tanpa mencobanya.

Resep-Membuat-Kue-Putu-Enak

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu kue tradisional tersebut yaitu kue “Putu”. Kue Putu adalah jenis makanan Indonesia berupa kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa, yang berbahan dasar tepung beras dengan tekstur berbentuk butiran kasar. Umumnya warna kue Putu ini adalah hijau dan putih. Kue ini di kukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu yang sedikit dipadatkan dan dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Sejumlah pedagang masa kini mengganti bambu dengan pipa PVC untuk alas an kepraktisan.

Jika pedagang kue pada umumnya berteriak “kue…kue” untuk memberitahuakan pelanggan bahwa ada penjual kue, lain halnya dengan penjual kue Putu ini, penjual kue Putu memiliki suara khas uap yang keluar dari alat suitan, suar ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan.

putuband

Kue Putu sendiri sudah merambah ke negara lain, seperti Singapura dan Malaysia, meskipun di negara ini nama dan bentuk kue Putu ini sedikit berbeda, tetapi rasanya sendiri sama dengan kue putu tradisional Indonesia itu sendiri.
Negara lain saja sudah mengenal kue Putu yang merupakan kue tradisional dari Indonesia, bagaimana dengan anda? Sudah pernahkah anda mencicipi kue manis ini?

 

Advertisements
Kue Putu, Bukan Kue Punya Putu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s