Buah Unik dari Pulau Papua

Bali memang terkenal dengan berjuta keindahan yang tidak akan ada habisnya untuk kita nikmati. Tetapi bagaimana dengan tempat lain di Indonesia? Apakah juga memiliki keindahan yang sama dengan pulau Bali? Sudah tentu darah lain di Indonesia ini memiliki berbagai keindahan yang sama dengan Pulau Bali, namun saja daerah-daerah ini belum tersohor namanya seperti yang terjadi pada Pulau Bali.

Sepeti salah satu pulau yang nanjauh di timur Negara Indonesia, yaitu Papua Nugini. Pulau yang terletak jauh dari pulau Bali ini ternyata juga memiliki keunikan tersendiri, baik itu budayanya, kesehariannya hingga flora dan faunanya. Maka dari itu meskipun wajib berlibur ke Pulau Dewata, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk menjelajahi pulau cantik yang satu ini. Selain berwisata ek tempat-tempat indah, di pulau Papua kita juga dapat menikmati buah-buahan yang khas dari pulau terbesar kedua di dunia.

matoamatoa

Salah satu buah yang berasal dari pulau ini adalah buah Matoa. Buah Matoa ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah kedondong tetapi ukurannya lebih kecil. Kulit buah Matoa seperti buah kelengkeng lebih mudah dikupas dibandingkan dengan buah kedondong. Daging buah Matoa sendiri kurang lebih teksturnya mirip dengan buah rambutan, tetapi rambutan seringkali dagingnya menempel pada biji berbeda dengan buah Matoa yang dagingnya dengan mudah dapat dilepas dari bijinya.

matoa

Keunikan lain dari buah Matoa adalah aromanya yang sekilas mirip dengan aroma buah durian. Dan saat digigit pun aroma durian itu sedikit terasa di lidah. Meskipun begitu, buah matoa ini sama sekali tidak punya hubungan saudara dengan buah durian.

Buah Matoa biasanya berbuah satu kali dalam setahun, yaitu antara bulan Juli sampai Oktober. Di Papua, buah Matoa tumbuh tersebar dari dataran rendah hingga ketinggian + 1200 mdp.

Buah+Matoa

Buah Matoa yang sudah dipetik tidak dapat bertahan lama di luar lemari es, jadi jika anda membeli buah Matoa dan ingin buahnya tetap segar lebih lama, jangan lupa untuk disimpan di dalam kulkas. Tapi tampaknya susah untuk menahan diri dari godaan buah Matoa. Karena sekali coba, besar kemungkinan anda baru bisa berhenti makan setelah buahnya habis.

Advertisements
Buah Unik dari Pulau Papua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s