DODOL PULAU DEWATA

Kuliner di Bali tidak akan ada habisnya untuk dinikmati oleh wisatawan lokal maupun asing. Pagi, siang, malam, bahkan di sela-selat waktu makan itupun kuliner di Bali tidak akan habis untuk dinikmati. Sangat banyak kuliner yang dapat menggoyangkan lidah kita di Pulau Surga ini. Mulai dari Bali timur, sampai Bali barat mempunyai kuliner khas masing-masing yang patut untuk dicoba ketika berkunjung ke Bali. Bahkan di Bali selatan dan Bali utara juga tidak kalah, memiliki berbagai keunikan kulinernya.

2012-11-21 11.20.33

Salah satu kuliner khas yang terdapat di Bali utara adalah Dodol. Dodol ini berasal dari Kabupaten Buleleng. Meskipun dodol Bali juga terdapat di Bali timur yaitu Karangasem, dodol Buleleng ini memiliki keunikan tersendiri. Selain di Bali, banyak terdapat dodol yang tersebar diberbagai daerah seperti di Garut, Kandangan Kalimantan, Malang, Bali dan daerah lainnya. Setiap dodol yang dijual ini juga memiliki ke khasan masing-masing daerah tersebut.

252419_77ff739a-6958-11e4-a940-d4ad2523fab8Dalam artikel ini akan dibahas keunikan dodol khas Buleleng, Bali. Dodol Buleleng ini dibuat dengan bahan dasar beras ketan hitam ataupun ketan putih yang haluskan kemudian dicampurkan santan, dan gula merah. Bentuknya memanjang dibungkus daun jagung kering yang wangi aromanya dan di setiap ujungnya diikat tali raffia, serta memiliki cita rasa yang khas yaitu manis dan legit. Proses pembuatan dodol ini masih tergolong tradisional karena dikerjakan pada industri-industri rumahan di daerah Buleleng, Bali Utara, tak heran kalau kemasannya pun sangat tradisional dan unik.

Keunikan lain dari dodol ini adalah pada saat menjualnya, dodol Buleleng tidak dikemas dalam kotak-kotak atau plastik. Dodol ini direnceng jadi satu memanjang tiap 10 buah dan digantung dengan tali rafia.

Di Bali, dodol Buleleng ini sering digunakan sebagai pelengkap sesajian upacara keagamaan. Seiring waktu dodol ini banyak dibawa oleh para pelancong yang datang sebagai oleh-oleh khas Bali. Dodol ini bisa tahan disimpan hingga 3 minggu lamanya.
Jika anda jalan-jalan ke Bali pastikan anda membeli dodol khas Baoli ini sebagai oleh-oleh berlibur anda di Pulau Dewata.

Advertisements
DODOL PULAU DEWATA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s