PANTAI SOKA INDAH BALI

Berbicara tentang pantai di Bali, memang selalu menimbulkan rasa kagum akan keindahannya. Banyak pantai yang menjadi destinasi pariwisata yang memang sudah sangat terkenal keindahannya seperti pantai Sanur, pantai Kuta pantai Dreamland, pantai Nusa Dua dan masih banyak yang lainnya. Semua pantai-pantai itu berada di daerah yang memang terkenal sebagai pusat industry pariwisata. Bagaimana dengan pantai di daerah lainnya yang tidak banyak dikenal destinasi pariwisatanya?

Di kabupaten Tabanan Bali terdapat satu pantai yang tidak kalah keindahannya dengan pantai-pantai diatas, yaitu pantai Soka Indah bali. Pantai Soka terletak di Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan. Tempat wisata di Bali ini berada di pinggir ruas jalan utama Denpasar – Gilimanuk.

Di sebelah barat pantai Soka terdapat sebuah goa kelelawar yang dinamakan Goa Kelelawar. Di atasnya terdapat Pura Luhur Serijong yang berada di atas tebing karang. Di sebelahnya terdapat batu karang yang dikelilingi laut dan muara dimana batu karang ini disebut Payuk Kebo Iwa, dalam bahasa Indonesia payuk artinya periuk atau kuali. Menurut cerita legenda Kebo Iwa adalah Patih bertubuh raksasa dan periuk tersebut digunakan untuk memasak. Di sebelah barat Pantai Soka juga banyak terdapat batu karang yang banyak digunakan orang untuk mancing ikan laut.

pantai-soka-tempat-wisata-di-bali-2

Pantai Soka juga sering digunakan oleh umat Hindu di Bali untuk menyelenggarakan upacara pada hari raya salah satunya saat rangkaian perayaan hari raya Nyepi yaitu Melasti atau Melis. Pada hari itu umat Hindu di Bali berkumpul di pantai melakukan beberapa ritual sesaji. Umat hindu yang datang ke pantai ini untuk melakukan kegiatan melasti datang dari berbagai desa adat di wilayan Tabanan. Kegiatan melasti di pantai ini sudah dilaksanakan dari dua hari bahkan tiga hari sebelum hari raya Nyepi. Hal ini dikarenakan jika hanya dilaksanakan satu hari maka tempat parker yang disediakan tidak akan cukup untuk menampung puluhan ribu umat yang datang.

Pantai Soka Indah memiliki eksotisme tersendiri. Warna pasir yang hitam karena kandungan mineral yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh bebatuan sehingga beberapa diantaranya memiliki kandungan emas, berbeda dengan pantai pasir putih yang dihasilkan oleh butiran kecil batu kapur.

Mengingat banyaknya bus-bus pariwisata yang mengangkut wisatawan domestik berlibur ke Bali dan transit di objek wisata Pantai Soka. Pemerintah Kabupaten Tabanan akan melengkapi objek wisata Pantai Soka dengan sebuah museum ogoh-ogoh. Museum ini sudah dapat dinikmati para wisatawan pada Maret 2013. Sebelum adanya museum ogoh-ogoh, dahulu sempat dibuka pameran berbagai macam binatang langka, namun saat ini pameran tersebut sudah jarang dikunjungi karena binatang yang ada juga semakin berkurang jumlahnya.

SONY DSC

Selain kelengkapan objek wisata ini, di satu sisi pantai terdapat pula Vila tempat wisatawan dapat bermalam dan menikmati suasana di pantai Soka. Dan juga restoran di sebelah timur tempat parkir bus dan mobil. Jadi untuk wisatawan yang ingin tinggal dan menikmati indahnya pantai Soka tidak perlu khawatir, karena bisa memesan villa di sekitar pantai ini.

Jika anda kebetulan sedang berlibur di Bali, cobalah untuk keluar dari daerah pusat pariwisata dan datang ke pantai Soka. Meskipun berada cukup jauh dari pusat Pariwisata, namun pantai Soka Indah ini pastinya mampu melengkapi agenda liburan anda.

Advertisements
PANTAI SOKA INDAH BALI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s